Karawang akan sebar 25 becak motor pengangkut sampah

Karawang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menyebar 25 becak motor pengangkut sampah ke kelurahan-kelurahan sekitar Karawang untuk mengatasi masalah persampahan.

"Sebanyak 25 becak motor itu berasal dari bantuan Pemprov Jawa Barat," kata Kepala Dinas Cipta Karya setempat Dedi Ahdiat, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Sebanyak 25 becak motor tersebut nantinya akan disebar ke kelurahan-kelurahan sebagai upaya penanganan sampah di wilayah perkotaan Karawang, khususnya di tingkat kelurahan.

Becak motor itu akan mengangkut sampah-sampah dari pembuangan sampah rumah tangga ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Dari TPS, sampah dibawa menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jalupang, Kotabaru, Karawang.

Kabid Kebersihan Dinas Cipta Karya Karawang Ridwan Salam menambahkan, dua orang dari masyarakat setempat akan dipilih untuk menjalankan becak motor tersebut.

Petugas akan diberi honor oleh pemerintah daerah setempat, melalui Dinas Cipta Karya Karawang. Tetapi untuk besaran honornya kini masih proses pembahasan.

"Untuk sementara ini, kita masih menangani masalah sampah di perkotaan, dan ke depan akan terus difokuskan hingga ke perdesaan," kata dia.

Data Dinas Cipta Karya setempat menunjukkan produksi sampah di Karawang mencapai 380 ton per hari, tergolong tinggi sehingga perlu ditangani secara khusus.

Sementara Karawang hanya memiliki satu TPA yakni TPA Jalupang di Kecamatan Kotabaru.


http://www.antaranews.com/berita/401280/karawang-akan-sebar-25-becak-motor-pengangkut-sampah