Bantul siapkan pertunjukan sambut wisatawan libur Lebaran

Selasa, 30 Juli 2013 07:22 WIB | Dilihat 340 Kali

Heri Sidik

Objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (ANTARA/Wihdan Hidayat)

Bantul (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiapkan pertunjukan di sejumlah objek wisata setempat guna menyambut wisatawan selama libur Lebaran 2013.

"Acara kami tampilkan penuh setiap hari selama sepekan usai Hari Raya Idul Fitri di objek wisata terutama pantai dengan harapan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo di Bantul, Selasa.

Menurut dia, sejumlah pertunjukan itu diantaranya pentas kesenian tradisional, musik elekton, Koes-Ploes-an serta campur sari yang ditampilkan mulai tanggal 10 hingga 18 Agustus 2013 yang dipusatkan di objek wisata Pantai Parangtritis dan Pantai Kuwaru.

"Tidak menutup kemungkinan acara juga digelar di sejumlah objek wisata nonpantai lainnya seperti di Gua Selarong dan Gua Cerme. Acara tradisional ini kami koordinasikan dengan melibatkan masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan, dengan pertunjukan tersebut diharapkan selain dapat menghibur wisatawan saat liburan juga meningkatkan jumlah kunjungan ke objek wisata sehingga bisa memberi masukan ke pendapatan asli daerah.

"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada wisatawan melalui acara atau kesenian tradisional, disamping itu juga pembenahan-pembenahan sarana dan prasarana di objek wisata terus dilakukan," katanya.

Ia mengatakan, setidaknya selama libur Lebaran 2013 di semua objek wisata andalan di Bantul ditargetkan dapat dikunjungi sebanyak 250 ribu pengunjung yang berasal dari berbagai daerah dengan pendapatan retribusi sebesar Rp1 miliar.

"Kami targetkan pendapatan retribusi selama libur Lebaran minimal sama dengan tahun lalu yang memperoleh sebesar Rp930 juta, bahkan mestinya bisa naik menjadi sebesar Rp1 miliar," katanya.

Kenaikan target tersebut, kata dia diupayakan mengingat pendapatan di sektor pariwisata pada 2013 ini ditargetkan naik menjadi Rp8,5 miliar hingga akhir tahun dibanding 2012 yang ditargetkan sebesar Rp7 miliar.


http://ramadhan.antaranews.com/berita/388118/bantul-siapkan-pertunjukan-sambut-wisatawan-libur-lebaran