Pertamina siapkan SPBU khusus di jalur mudik

Selasa, 30 Juli 2013 22:41 WIB | Dilihat 29 Kali

Ajat Sudrajat

ILUSTRASI (ANTARANews.com)

Bandung (ANTARA News) - PT Pertamina Region III menyiapkan 32 SPBU khusus untuk sepeda motor yang tersebar di enam kabupaten/kota di Jawa Barat untuk mengurangi kemacetan yang diakibatkan antrean di SPBU saat pemudik mengisi bahan bakar.

Marketing Branch Manager PT Pertamina Region III Putut Andrianto, di Bandung, Selasa, mengatakan ke-32 SPBU khusus itu tiga ditempatkan di Bekasi, enam di Bogor, 12 di Karawang, enam di Subang, dua di Indramayu, dan tiga di Cirebon.

"Selain itu kami juga menyiagakan mobil tangki BBM di lokasi SPBU," kata dia.

Menurut dia, mobil tangki itu untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman BBM yang diakibatkan tingginya tingkat kemacetan.

"Jadi untuk meningkatkan buffer stock. Jadi kalau tangki SPBU habis, bisa langsung diisi. Kalau tidak begitu, dikhawatirkan pengisian SPBU akan tertunda karena mobil tangkinya terjebak macet," kata Putut.

Ia mengatakan penyiagaan mobil tangki tersebut akan dilakukan di Cikampek dan Simpang Jomin.

Dikatakannya, masih terkait antisipasi kemacetan saat arus mudik pihaknya pun berkoordinasi dengan kepolisian untuk membuka-tutup jalur SPBU di sepanjang Pantai Utara Jawa Barat.

"Dan ketika SPBU lagi ditutup akibat antrean, warga nggak perlu khawatir karena tidak jauh di depan akan ada lagi SPBU," katanya.

Pihaknya menyediakan BBM dalam kemasan yang bertujuan mengantisipasi kekurangan bahan bakar saat pemudik berkendara dan BBM kemasan tersebut khusus untuk jenis pertamax dan pertamax plus dengan isi lima liter, 10 liter, dan 20 liter.

"Nantinya bisa diisi ulang. BBM kemasan ini dapat diperoleh di lima perlintasan berbeda," ucapnya.

Untuk perlintasan pertama yang menjadi pendistribusian BBM kemasan tersebut, kata dia, yakni dari Jakarta hingga Cikampek.

"Lalu lintas kedua dari Cikampek-Subang hingga Cirebon dan ketiga yakni dari Cikampek-Bandung-Tasik dan Ciamis. Keempat berada di sepanjang Tangerang-Banten, dan terakhir di sepanjang Bandung hingga Tangerang," kata dia.

(KR-ASJ/B015)


http://ramadhan.antaranews.com/berita/388310/pertamina-siapkan-spbu-khusus-di-jalur-mudik