Bekasi bangun empat resapan air hingga 2014

Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan pembuatan empat titik resapan air sampai 2014 guna menanggulangi banjir.

"Resapan air ini bisa berfungsi sebagai antisipasi banjir saat musim hujan, juga penampungan air saat musim kemarau tiba," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Pemkot Bekasi Tri Adhiyanto di Bekasi, Selasa.

Pihaknya mengaku sampai saat ini baru merealisasikan satu titik yang berlokasi di Perumahan Galaxy, Kecamatan Bekasi Selatan.

"Resapan air di lokasi itu memanfaatkan lahan eks pemancingan seluas 2,5 hektare," katanya.

Pembuatan resapan air itu dikerjakan dengan dana yang bersumber dari pihak swasta yakni developer perumahan setempat.

"Saat ini prosesnya sedang dalam tahap pengerukan dan pematangan lahan," katanya.

Rencananya, tiga penampungan akan dibangun di kawasan Karang Kitri, Kecamatan Bekasi Timur, Pengasinan Kecamatan Rawalumbu, dan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

"Khusus untuk resapan di Pengasinan, izin penggunaan lahannya seluas 5.000 meter persegi sudah kita urus dan proyek pengerjaan fisiknya sudah bisa berjalan 2014 mendatang," katanya.

Untuk proyek resapan air Aren Jaya, kata dia, belum sama sekali dikerjakan karena pihaknya butuh lahan seluas 5.000 meter per segi untuk membuat penampungan di wilayah itu.

"Di Karang Kitri sudah bebas, tinggal kontruksinya," ujarnya.

Tri mengatakan, kehadiran lahan resapan itu akan meminimalisir sebaran banjir di wilayah setempat.

Selain resapan air, kata dia, Pemkot Bekasi juga berencana membuat kolam penampungan air di Jalan Kartini, Bekasi Selatan.

"Pembuatan penampungan air ini dibutuhkan dana sekitar Rp125 miliar. Lengkap dengan pompa air serta rumahnya," ujarnya.


http://www.antaranews.com/berita/403720/bekasi-bangun-empat-resapan-air-hingga-2014