Legislator tagih janji Kapolri benahi perilaku anggota

Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo menagih janji dari Kapolri baru Jenderal Polisi Sutarman yang dalam beberapa kesempatan menyampaikan ingin membenahi citra dan perilaku anggota Polri.

"Kapolri sudah berjanji saat jalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) akan memperbaiki citra Polri agar menjadi polisi yang dicintai masyarakat," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis.

Namun, menurut Bambang, tidak lama setelah dilantik, malah sejumlah cerita buruk yang dilakukan sejumlah oknum tercela yang terdengar, seperti foto bugil yang beredar, mabuk di tengah pesta pernikahan hingga kasus terbaru, yakni penembakan satpam dan pengeroyokan saksi di kantor polisi.

Politisi Partai Golkar tersebut mendesak Kapolri Sutarman guna segera bertindak tegas terhadap para  anggotanya yang bertindak tidak patut.

"Kalau itu terjadi, kondisi akan memburuk. Akan memunculkan perlawanan dalam bentuk tindakan-tindakan anarkis melawan aparat kepolisian seperti marak terjadi sebelumnya," tegasnya.

Di lain pihak, Bambang mengapresiasi prestasi Polri dalam pemberantasan tindak pidana korupsi dengan keberhasilan mengungkap dan menangkap pejabat Bea dan Cukai yang terlibat dalam kasus dugaan suap dan pencucian uang.

"Kita juga harus mengapresiasi keberhasilan Polri menangkap pejabat Bea dan Cukai beberapa waktu lalu," ujarnya.


http://www.antaranews.com/berita/403991/legislator-tagih-janji-kapolri-benahi-perilaku-anggota