Gunung Sinabung siaga III

Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan status gunung berapi Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dinaikkan menjadi siaga III.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Nugroho, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu, status Gunung Sinabung kini menjadi siaga tingkat III dari semula waspada tingkat III. 

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang menetapkan perubahan status geologis Gunung Sinabung itu. 

"Kenaikan status ini berlaku terhitung mulai pukul 03.00 WIB Minggu, setelah status waspada berlaku sejak 29 September 2013. " katanya. 

Dilaporkan telah terjadi erupsi pada pukul 01.26.44 WIB Minggu, dengan tinggi abu vulkanik mencapai 7.000 meter ke arah barat.

"Terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Simpang Empat selama 10 menit. Letusan Gunung Sinabung makin sering dan ketinggian letusan semakin tinggi," katanya.

Dengan kenaikan status siaga tersebut, kata Sutopo, direkomendasikan tidak ada aktivitas di radius tiga kilometer dari kawah Gunung Sinabung.

"Masyarakat di Desa Sikameriah, Bekerah, Simacem, dan Nardinding yang berada di radius tiga kilometer dan berada di depan bukaan kawah untuk diungsikan terlebih dahulu," katanya.


http://www.antaranews.com/berita/403375/gunung-sinabung-siaga-iii