Fosil Kayu Tertua di Dunia

alt



Dua fosil tanaman 400 juta tahun adalah beberapa contoh tanaman kayu tertua yang pernah dikenal. Tanaman ini merupakan dari jenis herba, yang mana tidak pernah berevolusi untuk tumbuh tinggi






Kedua fosil itu tercatat dari jaman Devon awal, di mana tanaman-tanaman sederhana tesebut telah lama menjelajah daratan dan mulai diversivikasi. Satu ditemukan di Perancis 407 juta tahun lalu, sementara lainnya di Kanada sekitar 397 tahun silam.



Menurut ketua peneliti Philippe Gerrienne dari University of Liege, Belgia, mengatakan bahwa tanaman ini telah melewati rekor sebelumnya , setidaknya dalam sepuluh juta tahun.



Pohon-pohon ini berkembang hingga 385 juta tahun, dan mulai berebut untuk tumbuh lebih tinggi guna memperoleh cahaya yang lebih banyak. Kayu sangat mementingkan hal ini, karena membuat batangnya menjadi lebih kokoh



Namun Gerrienne berpikir bahwa mengapa kayu pertama ini tidak berevolusi. Fosil batang kayu ini hanya berdiameter sekitar 12 cm, sehingga tidak membutuhkan tumpuan. Sebaliknya ia berpendapat bahwa kayu ini meningkatkan aliran air hanya hingga ke batangnya.