Komisi I DPR penuhi undangan Kongres Meksiko

Jakarta (ANTARA News) - Delegasi Komisi I DPR RI yang dipimpin oleh Agus Gumiwang Kartasasmita berkunjung ke  Meksiko pada 24-26 September atas undangan Kongres negara tersebut.

Siaran pers KBRI Mexico City menyebutkan undangan itu adalah untuk merayakan 60 tahun hubungan diplomatik RI-Meksiko serta meningkatkan intensitas jalinan diplomasi parlemen antar kedua negara.

Selama berada di Mexico City, Delegasi Komisi I DPR RI melakukan pertemuan dengan KBRI Mexico City dan Kementerian Pertahanan Meksiko (SEDENA), mengadakan kunjungan ke instalasi industri senjata, melaksanakan dialog antar parlemen dengan Komisi Hubungan Luar Negeri - Asia Pasifik Senat Meksiko serta menjadi pembicara dalam seminar yang dihadiri anggota kongres,  pejabat pemerintah, civitas akademika dan publik setempat.

"Dari kegiatan tersebut Delegasi menarik kesimpulan adanya potensi yang sangat besar bagi Indonesia untuk melakukan kerjasama di bidang pertahanan dan industri pertahanan di Meksiko, termasuk kegiatan pertukaran perwira dan penjualan produk senjata," kata Dubes RI di Meksiko, Hamdani Djafar.

Dalam sambutannya pada saat menerima Delegasi Komisi 1 DPR RI pada Rabu (25/9), Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri -  Asia Pasifik Senat Meksiko, Senator Teofilo Torres Corzo  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas upaya dan dukungan diplomasi parlemen Indonesia selama ini terhadap peningkatan hubungan bilateral kedua negara, khususnya pada momentum 60 tahun hubungan diplomatik ini.   

Rencana kunjungan Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto ke Indonesia pada 6 Oktober 2013 diharapkan membawa hubungan diplomatik kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi pada tataran bilateral, regional dan multilateral, baik dilakukan oleh kalangan eksekutif, legislatif dan yudikatif.  

Kongres Meksiko juga mengundang delegasi parlemen Indonesia untuk menghadiri Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) yang akan berlangsung di Meksiko pada tgl. 12-15 Januari 2014, dalam kapasitas sebagai undangan khusus.

Ketua Delegasi Komisi I DPR RI sepakat dengan Senat Meksiko untuk memperbanyak peluang kerjasama baru antara Indonesia dan Meksiko yang dapat digali, memperhatikan potensi besar dan banyaknya kesamaan yang dimiliki kedua negara, diantaranya kerjasama di bidang pertahanan, industri pertahanan dan olah raga. Delegasi Komisi I DPR RI juga mengundang delegasi Kongres Meksiko untuk dapat berkunjung ke Indonesia.  

Ketua Delegasi Komisi I DPR RI juga mendapat kehormatan untuk membuka plakat peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Meksiko bersama Senator Teofilo Torres Corzo dan menyaksikan pembukaan pameran foto karya fotografer dua negara bertajuk "Looking At Each Other" di Gedung Senat Meksiko, pada Rabu (25/9). Pameran foto hasil jepretan fotografer Indonesia, Desiree Harahap, dan rekan seprofesi asal Meksiko, Marcela Taboada, ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat Meksiko atas kesamaan yang dimiliki kedua negara.


http://www.antaranews.com/berita/397870/komisi-i-dpr-penuhi-undangan-kongres-meksiko