Wisatawan domestik "serbu" Banda Aceh

Banda Aceh (ANTARA News) - Wisatawan domestik dari berbagai kabupaten dan kota serta luar Provinsi Aceh "menyerbu" Banda Aceh dalam sepekan terakhir untuk menyaksikan perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6 2013.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh Reza Pahlevi di Banda Aceh, akhir pekan ini menyebutkan, hotel di daerahnya dalam sepekan terakhir penuh dengan tamu-tamu dari luar Aceh yang ingin menyaksikan kegiatan PKA.

Para pengunjung PKA selain dari berbagai kabupaten dan kota di Aceh juga cukup banyak dari luar provinsi yang ingin menyaksikan dari dekat even empat tahunan itu, kata dia menambahkan.

PKA yang dipusatkan di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh dan diikuti perwakilan dari 23 kabupaten dan kota di provinsi itu dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 20 September 2013.

Reza mengatakan selain arena utama PKA, para wisatawan nusantara juga menyempatkan diri mengunjungi sejumlah situs tsunami dan sejarah serta Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

"Museum tsunami, kapal apung PLTD di Punge dan perahu di atas rumah di Lampulo merupakan situs tsunami yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama PKA ini," katanya menambahkan.

Sementara Masjid Raya Baiturrahman di pusat Kota Banda Aceh sebagai salah satu ikonnya daerah Serambi Mekah, ia menjelaskan juga tidak luput dari kunjungan ribuan wisatawan dari luar kota ini.


http://www.antaranews.com/berita/397851/wisatawan-domestik-serbu-banda-aceh