Polisi tangkap tersangka pencuri uang ofisial Suriah

Palembang (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Palembang menangkap tersangka pencuri uang ofisial perhelatan olahraga negara-negara Islam "Islamic Solidarity Games" asal Suriah di salah satu kamar hotel berbintang pada 24 September 2013, Sabtu.

Pelaku pencurian uang senilai 2.300 dolar Amerika Serikat milik Moutazal Kouatly (50) adalah tersangka bernama Novel (39), warga Jalan Kolonel H Barlian Komplek Perumahan Daerah RT 56 RW10, Palembang, yang menjabat sebagai manajer hotel berbintang tersebut.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Palembang Komisaris Djoko Julianto mengatakan penangkapan tersangka setelah aparat kepolisian menyamar ingin menukarkan uang dolar ke layanan resmi hotel tersebut.

"Pelaku kemudian mengajak bertemu di salah satu toko roti yang tak jauh dari hotel untuk menukar uang dolar. Setelah itu, langsung dibekuk," kata Djoko.

Ia menerangkan bahwa tersangka tidak mengetahui bahwa aparat kepolisian telah mencurigainya berdasarkan hasil penyelidikan beberapa hari terakhir setelah laporan korban ke Mapolresta Palembang.

"Berdasarkan rekaman CCTV yang diamati kemarin (27/9) memang mengarah jelas kepada tersangka, Novel. Hal ini semakin diperkuat karena tidak ada kerusakan kunci pintu kamar tempat ofisial Suriah menginap, artinya memang ada kemungkinan pelaku orang dalam," katanya.

Sementara, Novel menyatakan mengambil uang korban dengan cara berpura-pura menawarkan jasa pencucian baju.

"Saya menemui Moutazal di lobby untuk menawarkan jasa laundry, setelah itu langsung mengecek sendiri ke kamarnya di lantai 6. Uang itu terletak di dalam lemari pakaian dan hanya mengambil senilai 300 dolar. Saya pun heran mengapa yang hilang mencapai 2.300 dolar," katanya.

Moutaz Kouatly melaporkan ke pihak kepolisian setelah mengalami kehilangan uang yang disimpan di kamar hotel sebanyak 2.300 Euro pada 24 September 2013 dan 300 Euro pada 22 September 2013.

Sementara itu keberadaan korban di Palembang terkait dengan perhelatan olahraga ISG yang diikuti 46 negara terdiri atas 1.677 orang atlet dan 599 orang ofisial dari 22 September - 1 Oktober 2013.
(KR-DLY/I007)


http://www.antaranews.com/berita/397942/polisi-tangkap-tersangka-pencuri-uang-ofisial-suriah