Parpol butuh kalangan ningrat?

Denpasar (ANTARA News) - Pengamat politik dari Universitas Warmadewa Denpasar I Wayan Sudemen menilai partai politik baru membutuhkan kalangan ningrat untuk mendapatkan dukungan masyarakat pada Pemilu 2014.

"Sosok dari kalangan ningrat atau kerajaan memang diperlukan oleh parpol untuk meningkatkan popularitas agar nama mereka segera dikenal, apalagi partai yang baru berdiri," katanya di Denpasar, Selasa.

Dekan Fakutas Fisip Unwar Denpasar itu menambahkan bahwa kemenangan calon anggota legislatif tidak terlepas dari atribut parpol.

"Partai politik yang menentukan sepenuhnya siapa yang mereka pilih. Pasti ada pertimbangan bagaimana popularitas seseorang dan perannya di dalam parpol," katanya.

Penentuan daerah pemilihan sangat tergantung pada popularitas seseorang. "Apalagi dengan sistem dapil sosok kuat diperlukan agar dapat mempermudah dalam sosialisasinya hingga memenangkan pemilihan di daerah tersebut," ujarnya.

Sudemen memandang, untuk tingkat keterpilihan, calon dari kalangan ningrat akan mendapatkan simpati dari masyarakat.

"Dengan gelar sosial itu mereka mendapatkan perhatian dan simpati, tapi untuk terpilih harus ada tindakan nyata di masyarakat, karena sekarang pemilih sudah pintar," ujarnya.


http://www.antaranews.com/berita/398270/parpol-butuh-kalangan-ningrat