Apindo: kenaikan upah tak selesaikan masalah buruh

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan kenaikan upah buruh tidak akan menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan kesejahteraan buruh.

"Upah tidak akan menyelesaikan masalah buruh, jadi harus ada peran pemerintah," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pemerintah harus ikut turun tangan menyelesaikan masalah kesejahteraan buruh, antara lain dengan menjaga inflasi serta menyediakan rumah murah, transportasi murah dan fasilitas kesehatan yang terjangkau.

"Para pengusaha juga telah membantu dari sisi upah dan juga asuransi untuk para pekerja," katanya.

Sofjan juga menyayangkan rencana mogok kerja buruh pada 31 Oktober dan 1 November 2013. Menurut dia, hal itu bisa mengganggu iklim investasi.

"Mogok kerja memang hak serikat pekerja, namun yang tidak benar adalah mereka melakukan pemaksaan agar buruh yang lain juga turut serta dalam mogok kerja tersebut," katanya.

"Aparat pemerintah harus melakukan tindakan tegas untuk pabrik-pabrik yang terkena sweeping dan jika terus seperti ini, saya tidak tahu lagi berapa banyak lagi pabrik yang harus gulung tikar," tambah dia.


http://www.antaranews.com/berita/402609/apindo-kenaikan-upah-tak-selesaikan-masalah-buruh