KNPI luncurkan Sirkuit Kreatif Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bekerja sama dengan Insight of Indonesia (IOI) meluncurkan Sirkuit Kreatif Indonesia untuk mensinergikan berbagai potensi kepemudaan yang ada bertepatan dengan Peringatan 85 Tahun Sumpah Pemuda di Plaza Festival, Jakarta, Senin.

"Harapan kami sirkuit ini dapat mensinergikan potensi kepemudaan yang ada di Indonesia baik dari bidang seni budaya, kewirausahaan, kreativitas dan semuanya," kata Ketua Umum KNPI Taufan E N Rotorasiko.

Taufan berharap lewat acara yang rencananya dilangsungkan secara rutin setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu sejak 28 Oktober 2013 hingga 28 Oktober 2014 mendatang tersebut dapat menghasilkan terobosan dan karya besar dari para pemuda di Indonesia.

"Semoga dengan ruang yang telah kami sediakan bagi pemuda-pemudi di Indonesia selama setahun ke depan dapat menghasilkan mahakarya baru dari para pemuda-pemudi," ujarnya.

Sirkuit tersebut juga mewadahi ajang kreativitas musik dan film indie dari para pemuda Indonesia, serta berbagai produk seni budaya lokal.

Taufan mengatakan bahwa dalam sirkuit tersebut pihaknya tidak hanya menjaring peran aktif para pemuda Indonesia, namun juga berupaya untuk mengajak warga-warga asing, baik yang berdomisili maupun berkunjung di Indonesia, untuk mengikuti sejumlah lokakarya produk seni budaya lokal.

"Kami berencana untuk mendatangkan warga mancanegara untuk mengikuti lokakarya-lokakarya yang kami sediakan," katanya.

Sirkuit tersebut, lanjut Taufan, diilhami dari serangkaian kunjungan ke pelosok nusantara. Selama berkeliling Indonesia, Taufan mengaku kerap mendapat pesan dari beberapa budayawan senior untuk turut aktif menjaga budaya serta kearifan lokal Indonesia.

"Kawan-kawan budayawan senior kerap berpesan soal itu, bahwa mereka juga khawatir akan nasib budaya bangsa yang kian hari kian ditinggalkan," katanya.

Akan tetapi, Taufan meyakini, globalisasi bukan sesuatu yang harus dilihat sebagai ancaman melainkan tantangan dan celah kesempatan.

"Kita, pemuda Indonesia bisa berupaya untuk membalikkan arus yang ada. Jangan sampai budaya kita ditinggalkan karena kedatangan budaya mereka, tetapi kita harus bisa menjadikan kearifan lokal kita lebih dikenal oleh dunia internasional," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Insight of Indonesia, Putri Intan Sari menilai masyarakat saat ini kerap kali melupakan dan meninggalkan kekayaan pariwisata, seni budaya serta industri kreatif lokal.

"Itulah yang menjadi perhatian kami. Itulah yang harus didorong secara bersama untuk dikembangkan," katanya.

Dalam acara tersebut juga dilantik sejumlah Duta IOI yang dipilih dari sejumlah figur pemuda-pemudi Indonesia berprestasi seperti Gista Putri, Yuki Katoh, Chelsea Elizabeth Ilsan, Pevita Pearce dan Ryoichi Adityo Hutomo.

Mereka nantinya masing-masing akan bertugas untuk mempromosikan sejumlah potensi yang dimiliki Indonesia di bidang pariwisata, kebudayaan, seni dan industri kreatif.
(G006/Z003)


http://www.antaranews.com/berita/402528/knpi-luncurkan-sirkuit-kreatif-indonesia