Buruh Tangerang sosialisasikan mogok nasional ke pabrik-pabrik

Tangerang (ANTARA News) - Ratusan buruh di Tangerang, Banten, melakukan aksi sosialisasi ke sejumlah pabrik terkait rencana aksi mogok nasional pada Kamis (31/10).

Koordinator aksi dari Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB), Koswara di Tangerang, Senin, mengatakan, sosialisasi dilakukan di antaranya dengan membagikan selebaran kepada buruh di masing-masing pabrik.

"Kami ingin mengajak semua buruh untuk ikut serta dalam aksi mogok nasional pada 31 Oktober nanti," kata Koswara.

Selebaran yang dibagikan itu berisi tuntutan para buruh yakni menolak Inpres tentang upah, upah layak untuk buruh, dan tuntutan penurunan harga kebutuhan pokok.

Selain itu juga menolak sistem kerja kontrak, pemutusan hubungan kerja (PHK), dan menolak privatisasi aset-aset negara.

Aksi sosialisasi ini dilakukan oleh sekitar 800 orang terdiri dari berbagai elemen buruh. Dengan menggunakan menggunakan sepeda motor dan satu mobil komando, mereka memasuki setiap pabrik.

"Aksi sosialisasi akan berlangsung tertib dan aman. Kami hanya akan memberikan selebaran kepada buruh dan mengajaknya ikut mogok nasional," tukasnya.

Rute yang akan dilalui dalam aksi ini, lanjut Koswara yakni titik kumpul di Bunderan 1 Citra Raya Cikupa lalu menelusuri zona industri Jabar Wood hingga ke Bitung, Kabupaten Tangerang.

Kemudian memasuki kawasan Industri Manis dan Jatake di Kota Tangerang, dilanjutkan ke kawasan industri Bunder, Pasar Kemis, Cikupa Mas, Bonen, Balaraja dan berakhir di Pemda Tiga Raksa.

"Kita akan datangi semua kawasan industri dan membagikan selebaran. Dalam aksi ini pun telah melakukan koordinasi dengan kepolisian," katanya.

(T.KR-AIF/B/E001/E001) 28-10-2013 10:12:53


http://www.antaranews.com/berita/402423/buruh-tangerang-sosialisasikan-mogok-nasional-ke-pabrik-pabrik