DPR : konsorsium asuransi TKI kurang bertanggung jawab

Sukabumi, (ANTARA News) - Komisi IX DPR RI menilai konsorsium yang menangani asuransi Tenaga Kerja Indonesia kurang bertanggung jawab dan tidak mempunyai data yang valid tentang jumlah TKI yang mengajukan asuransi.

"Kami sudah memanggil tiga konsorsium asuransi tersebut, ternyata setelah diminta anggota Komisi IX tentang data TKI dan klaim asuransi yang sudah dicairkan mereka selalu berkelit dan tidak bisa menjawab," kata Ketua Komisi IX DPR RI, Ribka Tjiptaning di Sukabumi, Kamis.

Menurut Ribka, tidak bertanggung jawabnya para konsorsium tersebut soal hak para TKI ini terbukti saat mereka dipanggil oleh komisinya.

"Ketiga konsorsium itu seluruhnya ngeles saat diminta data TKI yang benar," kata Ribka.

Dia mengatakan panitia kerja atau Panja TKI pun sudah geram dan meminta agar konsorsium itu tersebut dibubarkan karena tidak memiliki tanggung jawab dan juga dinilai tidak bisa bekerja dalam mengatasi klaim asuransi yang diajukan oleh mantan TKI.

"Jika memang konsorsium itu tidak bisa menepati janjinya yang salah satunya membuat kantor perwakilan di negara penempatan TKI maka kami akan langsung membubarkan konsorsium itu," kata Ribka.


http://www.antaranews.com/berita/402959/dpr--konsorsium-asuransi-tki-kurang-bertanggung-jawab