Legislator ajak masyarakat awasi seleksi CPNS

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo mengimbau agar masyarakat Indonesia turut serta mengawasi proses seleksi pemilihan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Saya harap masyarakat Indonesia turut memantau dan mengawasi proses seleksi CPNS," kata Arif ketika dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

Arif mengemukakan bahwa partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan terutama untuk melaporkan temuan yang janggal dalam proses seleksi CPNS.

"Semua harus sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang benar, kalau masyarakat menemuka keganjilan bisa tolong bantu untuk melaporkan," kata Arif.

Pemerintah sendiri tahun ini sebetulnya juga sudah mengajak berbagai pihak seperti Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk memperkuat pengawasan proses seleksi CPNS.

"Kami sangat membutuhkan pengawasan dari semua pihak, tidak hanya oleh legislatif dan pemerintah saja," ujar Arif.

Dia pun menambahkan bahwa sistem yang ada dalam proses seleksi itu harus aman dari peretas sehingga data yang sudah tersimpan di dalam sistem tidak dapat dimanipulasi oleh siapa pun dan berjalan sebagaimana adanya.

"Ada ahli yang akan memastikan bahwa sistem tersebut harus aman dari peretas atau pun campur tangan pihak yang tidak bertanggung jawab," kata dia.


http://www.antaranews.com/berita/402404/legislator-ajak-masyarakat-awasi-seleksi-cpns