Beberapa kawasan industri akan lumpuh dua hari

Jakarta (ANTARA News) - Kelompok buruh Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP) mengatakan aktivitas di sejumlah kawasan industri akan lumpuh total dalam dua hari selama aksi mogok nasional pada Kamis (31/10) dan Jumat (1/11).

"Kawasan Indunstri di Indonesia akan lumpuh total pada dua hari mogok nasional. Sedangkan di Jakarta sendiri kami akan mengadakan unjuk rasa di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) atau di sepanjang jalan Cakung-Cilincing (Cacing)," kata Ketua Umum Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP) Jumisih saat ditemui di depan Balaikota DKI Jakarta, Rabu.

Dipastikan, mogok nasional akan dilaksanakan pada 31 Oktober sampai dengan 1 November 2013 di 20 provinsi yang meliputi 150 kabupaten/kota di Indonesia.

Para buruh mengklaim sekitar 40 lebih dari Kawasan Industri tidak akan beroperasi.

Pada Rabu siang, dua juta buruh telah mengkonfirmasi untuk melakukan mogok. Jumlah dan sebaran buruh peserta mogok diperkirakan akan lebih luas dari peserta mogok nasional sebelumnya.

Elemen buruh yang akan mogok kerja antara lain SPN, FSP-Lem, KSPSI, FSP-Pewarta KSPSI, FSP-Farkes, KSPSI,FSPMI, Aspek,FSP-Kep, FSP- Farkes, FSP-Isi, FSPPPMI, FSP-Par, FSP- Kahutindo DKI, FBLP, GSBI, SBTPI, Sekber Buruh, KSPSI Bandung Raya, KSN, KSPI, SBSI, SBSI 92, Kasbi Progresif, FSBI, FSBPT ,OPSI,SPIN dan FKI  KSPSI.

Berikut ini sebagian Kawasan Industri dan Daerah Padat Industri yang tidak akan beroperasi karena mogok nasional.

Di Pulau Jawa meliputi DKI Jakarta (KI Pulo Gadung, Sunter, KBN Cakung, dan Tanjung Priok), Jawa Barat (7 KI di Bekasi, 3 KI di Karawang, 3 KI di Purwakarta, daerah padat industri di Subang, Bandung, Cimahi), Banten (daerah padat industri di Jatake, Cikupa, Balaraja, Tangerang Selatan dan Cilegon), Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Mojokerto, Probolinggo); Jawa Tengah (Pekalongan, Cilacap, Demak, Semarang) dan Yogyakarta.

Di Pulau Sumatera meliputi Sumatera Utara (Medan, Deli Serdang); Kepulauan Riau (Batam, Bintan, Karimun). Sementara itu di Pulau Sulawesi (Makasar, Bitung, Gorontalo) dan di Kalimantan (Samarinda).


http://www.antaranews.com/berita/402825/beberapa-kawasan-industri-akan-lumpuh-dua-hari