Siswa korban gempa Tangse belajar di tenda darurat

Pidie (ANTARA News) - Ratusan siswa korban gempa di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, mulai belajar di bawah tenda darurat yang didirikan oleh prajurit TNI.

Berdasarkan pantauan, hanya sebagian siswa yang bersekolah dan belajar darurat di bawah tenda pleton karena gedung sekolah mereka rusak berat akibat guncangan gempa pada 22 Oktober 2013.

Kepala UPTD Pendidikan Wilayah IX Tangse Saibullah mengatakan selain siswa masih trauma, aktivitas belajar dan mengajar di bawah tenda itu karena ruang kelas sebagian sekolah tidak layak pakai sebab rusak berat akibat gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter.

Dia menyebutkan sedikitnya 24 gedung sekolah dari tingkat SD, Taman Kanak-kanak, SMP dan SMK di Kecamatan Tangse rusak berat, sedang dan ringan serta kerugian sementara ditaksir Rp6,1 miliar.

Ratusan siswa yang mulai belajar di bawah tenda amtara lain siswa SDN Neubok Badek I dan II, SDN III Tangse, dan MIN II Pulo Kawa. "Kami masih membutuhkan banyak tenda untuk kegiatan belajar dan mengajar," kata Saibullah.

Sementara itu sejumlah prajurit TNI AD tampak membersihkan puing-puing berupa asbes dari loteng ruang kelas yang jatuh berantakan di lantai seperti di SDN Neubok Badek.

Loteng-loteng dari ruang kelas itu jatuh ke lantai saat gempa namun aktivitas belajar dan mengajar sudah berakhir ketika bencana itu terjadi, kata seorang warga Gampong Neubuk Badek, M Yunus Kasim.

"Alhamdulillah, tidak ada korban karena saat gempa anak-anak sudah pulang. Kita masih bersyukur bencana itu tidak sampai menelan korban," kata dia.

Dinas Pendidikan Aceh terus melakukan pendataan untuk mengetahui kebutuhan mendesak yang diperlukan agar aktivitas belajar dan mengajar di daerah bencana gempa Tangse itu bisa kembali normal.

"Tujuan kami ke Tangse untuk melihat langsung apa yang mendesak dibutuhkan sehingga aktivitas belajar dan mengajar bisa kembali normal. Tentunya kita akan koordinasikan dengan pihak-pihak terkait lainnya," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Teja Sekar Tanjung.


http://www.antaranews.com/berita/402070/siswa-korban-gempa-tangse-belajar-di-tenda-darurat