110 WN Malaysia masuk Sebatik pada 2012

Sebatik (ANTARA News) - Sebanyak 110 warga negara Malaysia masuk ke Indonesia melalui Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kaltara selama 2012.

Eko Wiwitan, Kepala Pos Imigrasi Pulau Sebatik di Sebatik, Jumat mengatakan WN Malaysia yang mausk ke Pulau Sebatik sebagian besar untuk mengunjungi sanak keluarganya di pulau itu.

Ia juga mengakui bahwa kemungkinan juga ada yang menyeberang ke Pulau Nunukan untuk menemui sanak keluarganya dan menggunakan jalur Sebatik karena mudah dan cepat jangkauannya dibandingkan menggunakan kapal angkutan resmi.

Dari 110 WN Malaysia tersebut terdiri atas 89 laki-laki dan 21 perempuan sementara yang kembali ke Malaysia melalui Pulau Sebatik sebanyak 106 orang yang terdiri 86 laki-laki dan 20 perempuan.

Eko menegaskan, jika memperhatikan karakteristik WN Malaysia yang masuk menggunakan PLB itu sebagian besar di antaranya keturunan Suku Bugis Sulawesi Selatan yang memiliki keluarga di Kabupaten Nunukan khususnya di Pulau Sebatik.

"Sepertinya kalau diperhatikan dari tutur bahasanya WN Malaysia yang masuk itu sebagian besar keturunan Suku Bugis yang sudah menjadi warga negara Malaysia," kata dia.

Ia mengatakan, tingginya kunjungan WN Malaysia ke Pulau Sebatik karena memiliki hubungan kekeluargaan karena Pulau Sebatik dihuni oleh mayoritas Suku Bugis.

Sedangkan WN Malaysia yang masuk itu, sebagian besar beralamatkan Tawau Malaysia yang diketahui banyak dihuni oleh keturunan Suku Bugis.


http://www.antaranews.com/berita/371511/110-wn-malaysia-masuk-sebatik-pada-2012