Jalur transjakarta steril dari unjuk rasa buruh

Jakarta (ANTARA News) - Ribuan buruh yang berdemonstrasi memperingati Hari Buruh Sedunia, di Jakarta, Rabu, berbaris cukup rapi di sepanjang Jalan MH Thamrin menuju Bundaran Bank Indonesia.

Buruh dari berbagai organisasi pekerja itu tetap membiarkan sebagian jalur bus transjakarta steril dari barisan buruh itu, meski tak ada satu pun bus berkelir merah oranye itu melintas.

Di ruas lain jalan utama Jakarta menuju kawasan Medan Merdeka juga sepi dari perlintasan kendaraan.

Presiden Susilo Yudhoyono, dua hari lalu mengundang para pengurus serikat buruh ke kantornya terkait persiapan dan penyerapan aspirasi peringatan May Day kali ini.

Yudhoyono berpesan agar buruh berdemonstrasi secara tertib, damai, dan menghindarkan diri dari tindakan anarki, di antaranya merusak fasilitas publik.

Sementara itu, buruh menyampaikan empat aspirasi pokok, yaitu menolak kenaikan harga BBM, menolak pemberlakukan sistem alih daya, dan pemberlakuan jaminan sosial tenaga kerja secara penuh di provinsi masing-masing.

Buruh menuntut agar pemberlakuan jaminan sosial tenaga kerja secara penuh tuntas dilakukan pada 2013.

Pengamanan demonstrasi buruh di Jakarta dilakukan secara serius. Sekitar 25.000 personel Kepolisian Daerah Metro Jaya dibantu unsur lain dikerahkan sejak semalam di berbagai titik konsentrasi demonstrasi, di antaranya Gedung Parlemen, kawasan Istana Merdeka dan Istana Negara, Bundaran Hotel Indonesia, dan jalan-jalan utama menuju lokasi-lokasi itu. 


http://www.antaranews.com/berita/372344/jalur-transjakarta-steril-dari-unjuk-rasa-buruh