SBY ingin rakyat dilibatkan dalam konvensi capres

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan rakyat bisa ikut terlibat dalam mekanisme konvensi pemilihan calon presiden sehingga rakyat bisa mengetahui visi dan solusi yang ditawarkan.

Dalam akun twitternya @SBYudhoyono di Jakarta, Selasa, SBY yang juga Presiden Indonesia itu mengatakan telah mendiskusikan pemikirannya tersebut dengan tujuh tokoh di bidang politik dan komunikasi.

"Pandangan mereka jernih, jujur dan terbuka. Termasuk bagaimana membuat konvensi capres tersebut sukses dan bermanfaat untuk rakyat," katanya.

Lebih jauh Yudhoyono mengatakan gagasannya adalah melibatkan rakyat dalam seleksi capres 2014 melalui mekanisme konvensi.

"Nantinya selama 6-8 bulan, rakyat bisa mengikuti visi dan solusi yang ditawarkan tiap capres dalam konvensi, realistis?," katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Demokrat Syarif Hassan mengatakan Partai Demokrat akan memulai proses pemilihan bakal calon presiden untuk Pilpres 2014 mendatang melalui tahapan pendaftaran calon mulai Juni 2013 mendatang.

Syarief Hassan usai mengikuti pertemuan kader Partai Demokrat dengan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono di Cibubur, Jumat (19/4) malam, mengatakan sistem konvensi yang akan digunakan adalah sistem setengah terbuka dan ada komite yang akan mengelola proses itu.

"Semi terbuka artinya ada komite yang tangani dan membuat aturannya, terbuka kalau semua dibuka terlalu banyak (calon yang akan ikut maju-red), ada proses seleksi awal, menjelaskan visi dan misi dan setelah itu empat hingga lima bulan calon-calon akan mengerucut," katanya.

Pendaftaran, kata Syarief, dilakukan mulai Juni mendatang dan akan berproses.


http://www.antaranews.com/berita/372080/sby-ingin-rakyat-dilibatkan-dalam-konvensi-capres