Delegasi asing ingin belajar banyak pada kpk

Medan (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mengatakan, sejumlah delegasi asing yang mengikuti Asia Pacifik Economic Cooperation (APEC) Anti-Corruption and Transparency Working Group (ACT-WG) ingin belajar banyak pada lembaga hukum antirasuah itu.

"Sebab negara tersebut merasa heran dengan KPK yang mampu menghadirkan 300 peserta, yakni penyelanggara negara, para CEO perusahaan nasional, praktisi hukum, akademisi, pengusaha, pakar ekonomi dan lainnya," katanya di Medan, Rabu.

Delegasi asing yang hadir pada acara tersebut, USA, Canada, Chile, Filipina, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam, China, Australia, Thailand dan negara lainnya.

Bambang mengatakan, negara asing tersebut juga memberikan apresiasi kepada KPK, Kementerian Luar Negeri dan institusi terkait lainnya atas keberhasilan pelaksaanaan pertemuan APEC dan Anti-Corruption yang dilaksanakan di Kota Medan.

Selain itu, juga pengamanan pada peserta dari luar negeri tersebut, dan tidak ada ditemui hambatan, serta kegiatan APEC dan membahas masalah korupsi juga berjalan tertib, serta banyak menerima masukan penting.

"Para peserta atau utusan dari negara asing itu, benar-benar nyaman selama berada di Medan dan tidak ada gangguan.Kepercayaan seperti ini harus tetap dipertahankan," ujarnya.

Wakil Ketua KPK menyebutkan, pelaksanaan APEC ini, juga membawa keberuntungan bagi perekonomian masyarakat, pedagang souvenir, penjual kain dan pakain, makanan dan lainnya, karena daganggan mereka laris manis.

"Coba dibayangkan berapa banyak dolar AS, dolar Singapura, ringgit Malaysia yang mengalir di daerah ini, karena dijadikan tempat penyelenggara pertemuan APEC dan pertemuan para penegak hukum tersebut," katanya.

Bahkan, jelasnya, suksesnya penyelenggaraan pertemuan yang membahas masalah ekonomi, pertanian, perkebunan, perikanan, teknik, penegakan hukum, dan tehnik di Ibukota Provinsi Sumatera Utara itu, suatu penilaian dan uji coba bagi Medan.

"Jika kegiatan skala internasional ini berjalan sukses, maka pertemuan dan workshop lainnya bisa jadi akan dilaksanakan di Kota Medan. Medan akan menjadi contoh di Indonesia sebagai kota yang sukses sebagai tuan rumah," ucap Bambang. (*)


http://www.antaranews.com/berita/382233/delegasi-asing-ingin-belajar-banyak-pada-kpk